Perencanaan strategis adalah sesuatu proses dalam membentuk strategi dan menentukan keputusan yang akan dibuat dan dijalankan dalam roda perusahaannya. Langkah ini memang harus dilakukan dalam ssetiap perusahaan, karena langkah ini adalah suatu fondasi bagi sebuah perusahaan. Berbagai macam perusahaan, pasti akan selalu memakai langkah ini sebelum menjalankan roda perusahaannya, bahkan dalam masa menjalankannya pun, perusahaan akan tetap memakai langkah perencanaan strategis.

Dalam hal memulai roda perusahaan biasanya kita harus mengetahui sesuatu yang terjadi dengan pasar, karena itu juga yang menentukan kesuksesan.Jadi kita dapat menganalisa sesuatu yang terjadi di luar dan kita baru akan mengambil keputusan itu.

Perencanaan strategis bermaksud untuk membantu perusahaan agar lebih produktif dan mempunyai harapan bagi masa depan perusahaannya.
Berbagai macam metode yang dapat memajukan perusahaan dengan memakai perencanaan strategis, yaitu dengan menjabarkan visi dan misi suatu perusahaan, menentukan sesuatu kemajuan dan strategi, menentukan kesempatan yang akan terjadi, mengevaluasi kembali tentang kelemahan perusahaan dan menentukan program perusahaan untuk masa yang akan datang.

Jadi perencanaan strategis dalam sebuah perusahaan sangat penting karena ini adalah sebuah titik awal setelah visi dan misi terbentuk dalam menjalankan roda perusahaan.

(Tugas manajemen strategik)