Film Avatar adalah salah satu film yang sangat baik dan boleh dikatakan yang terbaik saat ini. Film ini memadukan antara nyata dan animasi.Film yang dirilis bulan Desember 2009 adalah benar – benar film yang berkualitas tinggi dan memberikan banyak masukan dan sindiran terhadap manusia yang ada di bumi.

Film ini memberikan banyak sindiran tentang kepribadian seorang manusia, yaitu keserakahan dan keegoisan diri. Inilah yang digambarkan film ini, dimana manusia yang mempunyai sifat angkuh dan serakah terbukti untuk menguasai planet lain dengan menggusur semua lahan yang mereka mau untuk jumlah uang yang telah disepakati kontrak. Mengapa film ini saya katakan berkualitas? Karena film ini menyadarkan kita untuk selalu menjaga hutan kita yang selalu menjaga keseimbangan kehidupan kita di bumi ini. Kedua adalah kita sebagai manusia sekarang atau mungkin dari dahulu selalu dikuasai oleh kekuasaan uang. Uang mungkin adalah segalanya bagi kita, tapi ada yang lebih penting dan sangat sacral sekali menurut saya yaitu Keseimbangan hidup.

Uang yang selalu membayangi kita dan mencuci otak kita secara tidak langsung, justru adalah musuh kita suatu saat nanti. Tokoh Jake Sully dalam film ini adalah seorang manusia yang awalnya sama dengan manusia-manusia yang lain, yaitu mengikat diri dengan perusahaan yang akan membayar tinggi untuk proses tugas yaitu sebagai mata-mata penduduk Omoticaya agar dapat bernegosiasi tentang lahan tanah yang akan digusur, termasuk pohon yang dipercaya keramat oleh suku-suku omoticaya. Dan ternyata negosisasi itu tidak berjalan dengan lancar melainkan menjadi sebuah dilemma bagi seorang Jake Sully yang jatuh cinta terhadap Neytiri “Anak kepala suku omoticaya”.
Ternyata Neytiri tahu bahwa Jake adalah seorang suruhan makhluk langit yang sebenarnya untuk bernegosiasi dengan suku tersebut. Akhirnya Jake Sully Dkk memtuskan untuk menjadi seorang pengkhianat bagi Ras nya sendiri yaitu Manusia. Dia menjadi Avatar yang dioperasikan oleh alat teknologi yang canggih.Dan dia melawan Ras nya sendiri yang begitu serakah dan sangat dikuasai oleh uang.

Film ini membuat saya nangis, karena jika dibayangkan dengan kehidupan nyata sebagai manusia, kita adalah benar manusia yang haus akan kekuasaan dan serakah tanpa mementingkan keseimbangan kehidupan di bumi ini, contoh adalah Illegal logging yang selalu ada dan takkan pernah mati. Sesungguhnya kita tahu bahwa hutan adalah salah satu paru-paru dunia yang menjaga kesimbangan bumi ini. Dan kita malah memusnahkannya, kita malah mempercepat kepunahan ras kita sendiri.Kita ini serakah, kita dikuasai oleh hausnya kekuasaan dalam diri kita..Sadarlah kawan, kita harus menjaga keseimbangan kehidupan kita di bumi ini..

(Billy Irian)