Akuntansi sangat mempunyai peranan yang begitu penting bagi kehidupan kita, khususnya cabang ilmu ekonomi. Akuntansi memberikan informasi mengenai sesuatu tentang suatu perusahaan, maka dari situlah muncul isu tentang akuntansi secara global yang salah satunya adalah memberikan informasi mengenai suatu hal tentang perusahaan di seluruh dunia ini dan menetapkan standarisasi akuntansi secara universal. Sejarah akuntansi adalah sejarah universal di bidang ekonomi, contoh sejarah : Sebagai permulaan, sistem pembukuan berpasangan (doithfe-entru Lookkreping), yang umumnya dianggap sebagai awal penciptaaa akuntansi seperti yang kita ketahui selama ini, berawal dari negam-negah kota di Italia pida abad ke-14 dan 15.

Perkembangannya didorong oleh pertumbuhan perdagangan intemasional di Italia Utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial. ”Pembukuan Italia” kemudian berilih ke Jerman untuk membantu para pedagang pada zaman Fugger dan Kelompok Hanseatik. Pada waktu yang hampir bersamaan, para filsuf hitvis di Belanda mempertajam cara menghitung pendapatan periodik dan aparat pemerintah di Prancis menemukan keuntungan menerapkan keseluruhan sistem dalam perencanaan dan akuntabilitas pemerintah.

akuntansi internasional mempunyai arahan dan pemahaman terhadap perbedaan negara – negara di dunia ini, hal ini meliputi :
1. Kesadaran akan adanya keragaman internasional di dalam akuntansi perusahaan dan praktik-praktik pelaporan.

2. Pemahaman akan prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi dari masing-masing negara.

3. Kemampuan untuk menilai dampak dari beragamnya praktik-praktik akuntansi pada pelaporan keuangan

Billy Irian