Peranan Sistem Informasi Akuntansi
Organisasi perusahaan modern yang dilayani oleh sistem informasi akuntansi merupakan suatu badan atau lembaga yang sangat kompleks. Organisasi seperti ini mungkin mempekerjakan beribu-ribu orang dengan tugas-tugas yang bervariasi dari pengembangan dan pembuatan suatu produk baru sampai pada manajemen dengan tenaga penjual yang cukup besar. Posisi seperti ini dalam dunia modern menimbulkan kepentingan dalam aktivitas-aktivitasnya diantara banyak golongan masyarakat.
Dalam hal ini terdapat dua golongan utama dari para pemakai informasi akuntansi yaitu : pihak luar (ekstern) organisasi perusahaan dan pihak intern organisasi perusahaan (manajemen).para pemakai ekstern banyak sekali dan kepentingannya berbeda-beda pula.
Kebutuhan mereka sebagian dapat dipenuhi dengan adanya publikasi laporan atau ikhtisar keuangan dengan tujuan umum (general purpose) yaitu neraca (balance sheet) dan perhitungan rugi/laba (income stetement).
Para pemekai intern juga cukup banyak dan bervariasi, tetapi kebutuhan informasi akuntansi benar-benar mencerminkan suatu tujuan yang biasa (common objective) yaitu untuk mencapai nilai ekonomis (laba) perusahaan yang semaksimal mungkin.

Iklan